Senin, 26 Mei 2014

Hidden Paradise of Kediri Regency

Wisata Air Yang Tersembunyi di Kediri


Sumber Complang, Wisata Air Desa Pranggang

wisata Sumber Complang yang berada tak jauh dari Wisata Ubalan yaitu di Desa Pranggang Barat, tepat beberapa meter ke utara dari Balai Desa Pranggang Kec.Plosoklaten Kab.Kediri.

Sesampainya disana, kita akan disuguhkan pemandangan asri pepohonan jati yang besar dan di tengahya terdapat telaga yang di dalamnya terdapat banyak ikan koi yang beragam ukuranya, serta terdapat jembatan melintang yang menghiasi sebagai penghubung tepi telaga menuju ke tengah sumber. Selain pengunjung bisa foto-foto di sana, pengunjung juga dapat memberi makan ikan koi yang terdapat di telaga, sehingga ikan-ikan akan bermunculan kepermukaan air telaga, hal itu bisa dijadikan suatu obat melepas rasa lelah serta dapat memberikan ketenangan dalam hati ketika pengunjung melihat ikan-ikan di telaga.




Mengutip perkataan Ibu dr.Hj.Haryanti Sutrisno, Bupati Kab.Kediri saat berkunjung di Tempat Wisata Sumber Complang Jumat 5 April 2013 bahwa sudah selakyaknya warga masyarakat sekitar ikut menjaga dan melestarikan wisata yang menjadi warisan alam untuk kita, serta generasi penerus kita. Selain itu jika wisata ini bisa di lestarikan dengan baik alangkah beruntungnya kita terutama warga sekitar, dimana jika wisata Sumber Complang ini bersih, nyaman, terawat, maka kemungkinan besar akan ada banyak pengunjung yang datang, dan otomatis pula bisa dijadikan sumber penghasilan juga bagi masyarakat sekitar, yaitu dengan berdagang di sekitar tempat wisata.

Sumber Podang







Wisata Air Sumber Podang wisata ini terletak di Dusun Karangnongko, Desa Joho, Kecamatan Semen kediri.Wisata ini berupa bendungan di daerah pegunungan dan sungai yang jernih.kalau anda ingin kesini dari terminal kota kediri ke barat kira-kira 25km.akses jalan menuju lokasi ini masih terbilang agak sulit karena jalannya masih rusak melewati batuan-batuan yang belum di aspal.di wisata air sumber podang juga sering di pakai untuk berkemah para pelajar,pencinta alam dan tentara.


Wisata ini memang tidak populer di kabupaten kediri,Karena kurang terawat dan kurang mendapat perhatian dari pemkab Kediri.di wisata sumper podang ini juga ada pertenakan lebah,kalau anda suka madu beli aja disini karena madu disini terjamin dengan ke aslianya serta murah.






Bendungan Watu Turi

Bendung Mrican atau yang dikenal juga dengan nama Bendung Gerak Waru Turi terletak pada Kali Brantas di hilir intake Mrican (Mrican free intake). Tepatnya di desa Gampeng kecamatan Gampengrejo kabupaten Kediri, ±7 km, ± (10 menit) di utara kota Kediri.
Lokasinya relatif mudah dijangkau dari dua arah yang berbeda dari Timur dan Barat, jika pengunjung sedang berada di jalur Kertosono-Kediri pengunjung bisa masuk melalui pintu sebelah timur yang berlokasi di wilayah Desa Gampengrejo Kecamatan Gampengrejo, sedangkan jika pengunjung yang berada di jalur jalan Raya Bulak Jabon, pengunjung bisa memanfaatkan pintu di sebelah barat yang masuk dalam wilayah Desa Jabon Kecamatan Banyakan. Jika pengunjung berada di wilayah pusat (tengah) Kota Kediri, untuk menuju Bendung Gerak Waru Turi diperkirakan dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat dengan jangka waktu kurang lebih sekitar 20 menit.
Bendung ini dilengkapi dengan 9 (sembilan) buah Pintu Spillway dan 4 (empat) buah Sluiceway (Pintu Penguras Sedimen) serta 2 (dua) buah saluran irigasi di sisi kiri dan kanan Kali Brantas. Masing-masing saluran dilengkapi dengan 4 (empat) buah pintu intake / pintu pengambilan.


Taman Wisata Ubalan

 
Taman wisata Ubalan, terletak 15 Km dari kota Kediri, tepatnya berada di Kalasan, desa Minyak Jarak, kecamatan Ploso Klaten. Taman wisata ini menawarkan kesejukan di tengah hutan lindung dan mata air alami dalam kolam yang jenih.

 

Pada obyek wisata seluas 12 hektar ini, pengunjung bisa menikmati wana wisata dengan berenang, berperahu dan sepeda air, memancing, berkemah atau hanya sekedar menikmati taman.
Penduduk lokal percaya bahwa air dari sumber mata air Ubalan ini bisa memperpanjang umur dan bisa membuat awet muda.

Air Terjun Irenggolo – Kediri







 Air Terjun Irenggolo  berada di Kawasan Wisata Besuki di ketinggian 1200 di atas prmukaan laut di gugusan lereng Gunung Wilis (1950 m).  Tumpahan airnya sekitar 80 meter dengan bentuk trap-trap mini dan pemandangan alam yang indah dengan suhu sekitar 18 derajat Celcius.

Selain air Terjun Irenggolo, tidak jauh dari kawasan wisata tersebut, sekitar 4 km, juga terdapat Air terjun Dolo



Air Terjun Dolo- Kediri. 

Terletak di Dusun Besuki, Desa Jugo  Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, Propinsi Jawa Timur.
Air terjun Dolo berada di bagian timur lereng Gunung Wilis (2.850m) dengan ketinggian 1800 m dpl.  Tumpahan airnya terbagi tiga bagian dimana bagian yang paling tinggi sekitar 90 m dan dibawahnya sekitar 2-5 m. Debit air yang dicurahkan tidaklah terlalu besar, namun cukup menarik untuk dinikmati.

Air terjun ini terletak 4 Km dari Air Terjun Irenggolo, dengan melewati hutan perawan yang sangat menantang.  Air terjun ini termasuk jarang dikunjungi oleh wisatawan, hal ini dikarenakan lokasinya yang terbilang jauh dan susah untuk menuju kesana. Namun saat ini, pemerintah kabupaten Kediri telah membangun sarana jalan yang mulus untuk menuju lokasi air terjun, baik dari arah kota Kediri maupun dari arah Ponorogo, berupa jalan tembus.
                                            
Berjarak + 28 km ke arah barat daya dari kota Kediri, dengan waktu tempuh sekitar 30 menit berkendara. Akses menuju air terjun ini relatif mudah dengan kondisi jalan 85 hotmix dan dapat ditempuh dengan segala macam kendaraan hingga di kawasan wisata air terjun tersebut. Perjalanan menuju air terjun ini dapat dimulai dari kota Kediri dimana pertama-tama menyeberang ke bagian barat sungai Brantas yang membelah kota Kediri, lalu meluncur ke daerah Poh Sarang, Kecamatan Semen menuju Besuki. Selanjutnya melintasi Desa Selopanggung tempat tokoh nasional Tan Malaka dimakamkan, dan akhirnya sampai di pintu gerbang Kawasan Wisata Besuki. 

Bagi pengguna kendaraan umum, dari terminal bus Tamanan Kota Kediri, naik angkutan pedesaan jurusan ke Kecamatan Mojo. Kemudian, turun di Desa Besuki, dilanjutkan dengan berjalan kaki ke lokasi air terjun. Selain dengan berjalan kaki dari desa Besuki dapat menggunakan jasa sewa ojek atau angkutan pedesaan.


Dari area pintu gerbang masuk perjalanan dilanjutkan sekitar 200 m menuju area parkir kendaraan.  Dan akhirnya dari area parkir diteruskan dengan berjalan kaki ke loaksi air terjun tersebut berada. 

 Gumul Paradise Islands 

Simpang Lima Gumul menyajikan wahana wista baru yaitu Gumul Paradise Island (GPI) yang menawarkan berbagai macam wahana permainan seperti: Speed slide, body slide, kolam jamur, fun boomerang, kolam bak tumpah,flying fox dll. Selain itu juga disediakan fasilitas penunjang untuk keamanan dan kenyamanan pengunjung seperti: Toilet, Food Court, Musholla, Loker, giftmart dll. Lokasi yang cukup megah, lokasi parkir luas dan cukup tertata rapi. 




Titoyoso- Kediri

Taman Tirtoyoso terletak di pusat kota Kediri. Tepatnya di Jl. Ahmad Yani, di sebelah utara Stadion Brawijaya Kediri.

Taman Tirtoyoso merupakan tempat rekreasi dan wisata untuk keluarga. Tempat yang menyenangkan untuk mengisi liburan bersama keluarga.











Nama  : Elok Indi Ilmiati
Nim     : 9322 01610

2 komentar: